the wonderful body painting
the wonderful body painting

Monday, December 6, 2010

Red Bull BC One Tokyo 2010 dan sejarah B-Boy

Kopral Bukan B-Boy,atau pelaku Dance extreme yang berkembang pesat belakangan ini,Kopral Cuma suka dan pengagum  Tarian  dahsyat yang konon kabar Lahir dari Jalanan ini,

Di lampirkannya artikel ini di blog ini Tak lain dan tak bukan Hanya karena  ingin menambah perbendaharaan pengetahuan ( dan jumlah artikel Tentunya he.he..)

Berhubung Kompetisi Akbarnya yang bertajuk Red Bull BC One yang diselenggarakan ditokyo japan  beritanya masih hangat hangat tahi ayam,maka kopral rasa inilah waktu yang tepat untuk membuat sebuah artikel yang  berbau ' B-Boy ,B-Girl dan breakdancer' ini.

Tentunya Karena bukan pelaku,dan seorang yang pernah menyempatkan diri mengamati serta mengabadikan moment  plus aksi para B- Boy/B-Girls tersebut,maka artikel ini hadir disini setelah mengutip beberapa artikel dari berbagai sumber terpercaya.



Sebelum melihat bagaimana dahsyatnya kompetisi B-boy,yang baru saja diselenggarakan di negeri Sakura tersebut alangkah baiknya kita mengetahui dulu bagaimana dan Sejarah B-Boy,B-girls/Breakdance tersebut ada, Demi menghindari Asal bunyi dan asal tahu.





Sekedar menambah perbendaharaan pengetahuan :

Breakdance, breaking, b-boying atau b-girling   ( Sebutan bagi orang yang memainkan gerakan breakdance ).adalah gaya tari jalanan yang muncul sebagai bagian dari gerakan hip hop diantara African American dan anak muda dari Puerto Rico yang dilakukan di bagian selatan New York City  yang brutal pada tahun 1970. Pada Umumnya tarian ini diiringi lagu hip hop,rap, atau lagu remix ( lagu yang di aransemen ulang ).





Asal usul  Break dance







Breakdance mulai terasa  geliatnya ketika DJ Koll Herc mulai Menciptakan sebuah aliran musik yang sedikit berbeda dengan musik-musik pada zaman tersebut.

Sebuah musik Hip Hop dengan beat yang patah-patah atau biasa disebut dengan break beat. Ialah yang berjasa dalam menghasilkan musik yang dapat menginspirasi para breaker menciptakan gaya-gaya yang atraktif dan unik.

Selain sebagai DJ yang menciptakan sebuah musik yang sangat pas untuk breakdance, Koll Herc juga termasuk salah satu senior di dunia musik Hip Hop. 

Koll Herc Boleh dibilang juga sebagai Pelopor lahirnya  Komunitas B-Boy ,dikare pada pada saat itu telah rela menjadikan tempat tinggalnya sebagai markas untuk komunitas ini.



Selain Koll Herc,Michael Jackson adalah orang yang termasuk ikut menjadi pelopor  berkembangnya  Breakdance.

Jacko mulai memperkenalkan robot dance atau gerakan yang menyerupai robot pada lagu-lagu yang dibawakannya pada tahun 1974 di penampilan perdananya di televisi. Selain itu, di setiap penampilannya Jacko juga selalu membawakan berbagai macam gerakan yang cukup melegenda, salah satunya ialah moon-walk.

Jacko juga selalu menemukan tarian-tarian baru yang membuat siapa saja yang melihatnya langsung penasaran dan mencoba mengikuti gerakan yang dibawakannya.

Pada saat itu memang hanya Jacko yang cukup melegenda dengan tarian-tarian yang langsung menyebar seperti virus dan membuat orang-orang berusaha mengikuti gerakan-gerakan yang dibawakanya.

Padahal Jika dilihat lebih jauh, jenis tarian ini telah lahir jauh sebelum Michael Jackson tampil di pertunjukan yang menghebohkan dengan robot dance-nya tersebut.

Siapakah yang Telah lebih dahulu tampil dengan break dancenya sebelum sang super star ?

Disebut sebut Sang legenda musik Funk James Brown telah pernah menunjukan sebuah tarian yang sedikit banyak juga memiliki gerakan yang mirip dengan breakdance sebelum michael jackson.



Perkembangan jenis tarian yang satu ini pun sangat pesat, bahkan beberapa komunitas di Amerika mulai terbentuk. Pada tahun 1980'an, breakdance sudah menjadi seperti fashion di Amerika. Hampir di setiap malam di beberapa bagian kota terdapat beberapa komunitas yang saling menunjukan kebolehannya dalam melakukan jenis tarian ini, walau tidak sedikit yang berujung pada keributan. Cara mereka berkompetisi memang sangat mirip dengan dengan freestyle yang biasa ditemukan pada musik Hip Hop. Tidak hanya di jalan-jalan saja tarian ini ditemukan, karena club dan party pun menjadi lahan empuk bagi para breaker untuk menunjukan kebolehannya.

Setelah sempat menjadi "sampah" di beberapa tempat umum tersebut, akhirnya breakdance mulai menunjukan kelasnya. Pada akhir tahun1980, mulai banyak kompetis breakdance yang resmi bermunculan dan Battle Of The Year merupakan salah satu kompetisi yang sangat berkelas . Kehadiran kompetisi ini langsung diikuti dengan berbagai kompetisi lainnya yang seara tidak langsung mengangkat kelas tarian ini.



( Sumber : WikiPedia )



Itulah Sekilas tentang sejarah tarian Extreme ini, yang Cukup menjadikan artikel ini lebih panjang  dari sebenarnya yang ingin disampaikan,hehehe.. Berikut beberapa  Photo peserta dan Video Aksi   B-Boy Yang Baru saja berlangsung di Stadion Yoyogi ,Tokyo Japan.

Dimana Kompetisi yang Bertajuk 'The One" ini diselenggarakanoleh Red Bull dengan diikuti16 B-Boy terbaik dari berbagai negara.

Red Bull BC One  Tokyo japan 2010,Disebut Sebut juga sebagai  kompetisi B-Boy terbesar dari kompetisi B-Boy yang pernah ada,dimana  Neguin ,B-boy Asal brasil tampil sebagai yang terbaik dimata kelima juri,mengungguli Just do it, B-Boy Asal belanda pada babak  final.

16 B-boy dari berbagai negara




Airdit Beast Gravity Just Do It 
Kapu Keyz Kill Kleju 
Lil G Luigi Marcio Neguin 
Pluto Taisuke Thesis Toshiki



Berikut Beberapa Video Dokumentasi Red Bull BC One Tokyo 2010 Japan

Yang memperlihatkan Aksi Aksi keren para B-Boy dari berbagai negara

Berikut meriahnya Stadion Yoyogi Dari awal sampai akhir kompetisi terselenggara







No comments:

Post a Comment

the wonderful body painting
the wonderful body painting
 

The Best Body Painting Sponsored by Dobol